Rangkuman
Materi
Microsoft
Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan
dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen
data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan
administratif mulai yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks.
Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang
meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.
Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft
Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah
diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang
lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang
memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik
atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika
pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat
memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses
penggunaan lebih mudah.
1.1 Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
Langkah-langkah:
- Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan
windows.
- Setelah muncul tampilan menunya pilih Program,
kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.
- Muncul Gambar 1.1
1.2
Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007
Sebelum
melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita
harus mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Excel
Unsur-unsur
utama Layar Microsoft Excel 2007:
1) Judul
Judul
menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja
yang
aktif.
2) Office Button
Berisi
barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya
membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan
mempublish dokumen.
3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access
Toolbar)
Merupakan
sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat
akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4) Toolbar
Merupakan
deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan
berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
5) Help
Bila
kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut.
Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang
dimaksud.
6) Lembar Kerja (Workbook)
Baris
ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan
tombol pengendali.
7) Cell
8) Nomor Baris
9) Nomor Kolom
10) Nama Range
11) Fungsi
12) Penggulung vertical dan horisontal
Untuk
memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar
vertikal dan horisontal.
1.3 Memulai
Buat Dokumen
Pada
sub bab ini, kita akan membuat dokumen sebagai contoh pengelolaan
data sederhana. Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar
tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara
memformat tabel dan cell, dan memanfaatkan fasilitas Autofill. Berikut
contoh pengelolaan data yang pertama seperti pada Gambar 1.2.
Langkah-langkah
membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 6.2 adalah sebagai
berikut:
1. Buat
Judul dan Sub Judul Laporan
- Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris
1), kemudian ketikkan tulisan “Daftar Unit Kerja”
pada Cell aktif tersebut.
- Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A3,
A4, A5, D4 dan D5 seperti pada tampilan
dibawah ini:
# Buat
data tabel pada Laporan dengan memulai pengetikan pada A7 sampai F7 untuk
judul tabel dan A8, A9, B8, B9, dst untuk data pada tabel.
2. Penggunaan Cell
- Untuk membuat Judul Laporan letaknya di
tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1 kemudian select
cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell agar judul
laporan terletak ditengah-tengah tabel.
- Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal
maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol
Bold atau dapat juga melakukan format font
lainnya seperti underline atau italic .
3. Penggunaan AutoFill
Pada
kolom No, KODE dan NAMA UNIT dapat digunakan Autofill agar lebih cepat
dalam memasukkan data yang berulang. Fasilitas ini diaktifkan ketika
kotak hitam kecil yang disebut fill handle digeser di atas cell-cell baru.
Fill handle berada di ujung kanan bawah cell aktif atau range cell yang
dipilih. Ketika menempatkan pointer cell di atas fill handle, pointer cell
berubah menjadi tanda tambah, menunjukkan bahwa fasilitas AutoFill telah
diaktifkan. Untuk membuat seri label, angka, atau tanggal, geserlah
pointer di atas cell-cell yang ingin diisi dengan informasi, lalu lepaskan
tekanan tombol mouse. Seperti sulap, muncullah sederetan nilai.
Pada
Kolom NO dan KODE, Autofill digunakan untuk membuat seri number
secara terurut sedangkan pada kolom Nama Unit digunakan untuk mengcopy
data yang sama ke beberapa cell secara cepat. Selanjutnya lengkapi data
tabel seperti pada Gambar 1.3.
Gambar
1.3.
4. Penggunaan format Tabel dan Cell
- Microsoft Excel menyediakan fasilitas format
table dengan beberapa template seperti memberi border, warna border,
warna cell dan style font dengan klik tombol format table seperti ini
,kemudian akan muncul pilihan style format tabel.
Sumber
: Buku Tik Elangga Kelas VIII Semester 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar